Kamis, 27 Januari 2011

macam-macam planet

MERKURIUS


Merkurius adalah planet terkecil di dalam tata surya dan juga yang terdekat dengan Matahari dengan kala revolusi 88 hari. Kecerahan planet ini berkisar diantara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat karena sudut pandangnya dengan matahari kecil (dengan rentangan paling jauh sebesar 28,3 derajat. Merkurius hanya bisa terlihat pada saat subuh atau maghrib. Tidak begitu banyak yang diketahui tentang Merkurius karena hanya satu pesawat antariksa yang pernah mendekatinya yaitu Mariner 10 pada tahun 1974 sampai 1975. Mariner 10 hanya berhasil memetakan sekitar 40 sampai 45 persen dari permukaan planet.
Mirip dengan Bulan, Merkurius mempunyai banyak kawah dan juga tidak mempunyai satelit alami serta atmosfir. Merkurius mempunyai inti besi yang menciptakan sebuah medan magnet dengan kekuatan 0.1% dari kekuatan medan magnet bumi. Suhu permukaan dari Merkurius berkisar antara 90 sampai 700 Kelvin (-180 sampai 430 derajat Celcius).

Pengamatan tercatat dari Merkurius paling awal dimulai dari zaman orang Sumeria pada milenium ke tiga sebelum masehi. Bangsa Romawi menamakan planet ini dengan nama salah satu dari dewa mereka, Merkurius (dikenal juga sebagai Hermes pada mitologi Yunani dan Nabu pada mitologi Babilonia). Lambang astronomis untuk merkurius adalah abstraksi dari kepala Merkurius sang dewa dengan topi bersayap diatas caduceus. Orang Yunani pada zaman Hesiod menamai Merkurius Stilbon dan Hermaon karena sebelum abad ke lima sebelum masehi mereka mengira bahwa Merkurius itu adalah dua benda antariksa yang berbeda, yang satu hanya tampak pada saat matahari terbit dan yang satunya lagi hanya tampak pada saat matahari terbenam. Di India, Merkurius dinamai Budha (बुध), anak dari Candra sang bulan. Di budaya Tiongkok, Korea, Jepang dan Vietnam, Merkurius dinamakan "bintang air". Orang-orang Ibrani menamakannya Kokhav Hamah (כוכב חמה), "bintang dari yang panas" ("yang panas" maksudnya matahari). Diameter Merkurius 40% lebih kecil daripada Bumi (4879,4 km), dan 40% lebih besar daripada Bulan. Ukurannya juga lebih kecil (walaupun lebih padat) daripada bulan Jupiter, Ganymede dan bulan Saturnus, Titan.

http://id.wikipedia.org/wiki/Merkurius

VENUS


Venus adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. Planet ini memiliki radius 6.052 km dan mengelilingi matahari dalam waktu 225 hari. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan.

Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari.

Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Pakar astrobiologi berspekulasi bahwa pada lapisan awan Venus termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan.

http://id.wikipedia.org/wiki/Venus

BUMI


Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraungu dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan Eksosfer.

Lapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu. Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70 °C hingga 55 °C bergantung pada iklim setempat. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365,2425 hari. Bumi mempunyai massa seberat 59.760 milyar ton, dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Berat jenis Bumi (sekitar 5.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain, dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1.

Bumi mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan 1% uap air, karbondioksida dan gas lain.

Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500 °C, diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2.800 kilometer membentuk 83% isi bumi dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer.

Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi.

Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8.848 meter dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.637 meter, sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.299 km2.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bumi

MARS


Mars adalah planet keempat dari Matahari dalam Tata Surya. Planet ini diberi nama setelah Romawi dewa perang, Mars. Hal ini sering digambarkan sebagai "Red Planet", sebagai oksida besi lazim di permukaannya memberikan penampilan yang kemerahan [13] Mars adalah sebuah planet terestrial dengan suasana tipis,. Memiliki fitur permukaan mengingatkan kedua kawah Bulan dan gunung berapi, lembah, padang pasir, dan es di kutub Bumi. Periode rotasi dan siklus musiman Mars juga mirip dengan Bumi, seperti kemiringan yang menghasilkan musim. Mars adalah situs Olympus Mons, gunung tertinggi yang dikenal dalam Tata Surya, dan Valles Marineris, dengan ngarai terbesar. Cekungan Borealis halus di belahan bumi utara meliputi 40% dari planet dan mungkin fitur dampak raksasa [14] [15].

Sampai Mars flyby pertama terjadi pada tahun 1965, oleh Mariner 4, banyak berspekulasi tentang keberadaan air cair di permukaan planet. Ini didasarkan pada variasi periodik diamati pada patch terang dan gelap, terutama di lintang kutub, yang muncul ke laut dan benua, panjang, striations gelap diinterpretasikan oleh beberapa orang sebagai saluran irigasi untuk air cair. Fitur-fitur garis lurus kemudian dijelaskan sebagai ilusi optik, namun dari semua planet di tata surya selain Bumi, Mars adalah yang paling mungkin untuk air pelabuhan cair, dan dengan demikian untuk kehidupan pelabuhan. [16] Geologi bukti yang dikumpulkan oleh misi berawak menunjukkan bahwa Mars pernah memiliki cakupan air skala besar pada permukaannya, sementara kecil aliran air seperti air mancur panas mungkin telah terjadi selama dekade terakhir. [17] Pada tahun 2005, data radar menunjukkan adanya sejumlah besar air es di kutub, [ 18] dan pada pertengahan garis lintang. [19] [20] pendarat Phoenix langsung sampel air es di Mars tanah dangkal pada tanggal 31 Juli 2008. [21]

Mars memiliki dua bulan, Phobos dan Deimos, yang kecil dan berbentuk tidak beraturan. Ini mungkin asteroid ditangkap, mirip dengan 5.261 Eureka, sebuah Trojan Mars asteroid. Mars saat ini tuan rumah untuk tiga pesawat ruang angkasa mengorbit fungsional: Odyssey Mars, Mars Express, dan Mars Reconnaissance Orbiter. Di permukaan adalah dua Mars Exploration Rovers (Spirit dan Opportunity) dan pendarat beberapa inert dan penemu, baik berhasil dan tidak berhasil. The pendarat Phoenix menyelesaikan misinya di permukaan pada tahun 2008. Pengamatan dengan bukti sekarang sudah tidak berfungsi NASA Mars Global Surveyor menunjukkan bahwa bagian-bagian tudung es kutub selatan telah surut. [22]

Mars mudah dapat dilihat dari Bumi dengan mata telanjang. magnitudo tampak Its mencapai -3,0 [7] kecemerlangan hanya dilampaui oleh Venus, Bulan, dan Matahari.

http://en.wikipedia.org/wiki/Mars

JUPITER


Yupiter atau Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

Jarak rata-rata antara Jupiter dan Matahari adalah 778,3 juta km. Jupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9,8 jam, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun.

Di permukaan planet ini terdapat bintik merah raksasa. Atmosfer Jupiter mengandung hidrogen (H), helium (He), metana (CH4) dan amonia (NH3). Suhu di permukaan planet ini berkisar dari -140oC sampai dengan 21oC. Seperti planet lain, Jupiter tersusun atas unsur besi dan unsur berat lainnya. Jupiter memiliki 63 satelit, di antaranya Io, Europa, Ganymede, Callisto (Galilean moons).

http://id.wikipedia.org/wiki/Yupiter

SATURNUS


SATURNUS adalah planet keenam dalam tata surya dan merupakan planet terjauh yang telah dikenal manusia sebelum ditemukannya teleskop. Cahayanya yang terang di kelamnya langit malam memudahkan mata manusia untuk mengenalinya.

Dalam legenda Romawi, Saturnus merupakan Dewa Kemakmuran. Dalam legenda Yunani disebut Cronus atau Kronos. Saturnus adalah anak dari Uranus dan Ayah dari pimpinan para Dewa (Zeus). Kata Saturnus merupakan akar dari nama hari ketujuh, Saturday.

Jika planet Mars dikenal oleh astrolog sebagai Dewa Perang dan planet lambang agresivitas dan kekejaman, maka Saturnus dikenal sebagai planet kematian dan kehancuran. Seperti halnya Mars, Saturnus juga menunjukkan gerak balik (retrograde) setiap menjelang oposisi yang menjadi tanda tanya besar dalam konsep geosentris. Saturnus beroposisi sekitar 1 tahun 12 hari sekali, berarti lebih cepat dibandingkan dengan Mars. Hal ini bisa dimengerti karena dari Bumi jarak Saturnus lebih jauh dibandingkan dengan Mars.
Keberadaan cincin yang mengelilinginya menjadikan Saturnus sebagai planet yang terindah dan termegah dibandingkan dengan delapan planet lainnya. Keberadaan cincin itu baru diketahui setelah Galileo mengarahkan teleskopnya dengan pembesaran 20 kali ke Saturnus. Dengan berbekal teleskop kecil ataupun binokuler, keberadaan cincin raksasa tersebut dapat dilihat.

Dengan diameter ekuator 120.536 km (9,5 kali dari ekuator Bumi), Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. Namun, diameter kutubnya 10 persen lebih kecil. Hal ini disebabkan komposisi Saturnus didominasi oleh gas (hidrogen, helium, metana, dan amonia) dan berotasi cukup cepat, kurang dari 11 jam. Bandingkan dengan Bumi yang lebih kecil dan memerlukan waktu sekitar 24 jam untuk berotasi.
Massa jenis Saturnus (0,7) juga lebih kecil dibandingkan dengan air, sehingga jika Saturnus diletakkan di tempayan air raksasa, maka Planet Saturnus akan terapung. Awan Saturnus, seperti halnya Jupiter, berotasi dengan kecepatan yang berbeda-beda bergantung dari posisi lintangnya. Di daerah ekuator rotasi awan sekitar 10 jam 14 menit. Saturnus juga mempunyai spot raksasa, seperti red spot di Jupiter, yang dikenal sebagai Great White Spot. Hanya saja penampakan spot raksasa tersebut hanya dijumpai sekitar 30 tahun sekali. Terakhir kali teramati terjadi pada bulan September 1990.

http://treeyoo.wordpress.com/2009/01/09/planet-saturnus/

URANUS


Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari. Ia memiliki jari-jari planet terbesar ketiga dan keempat massa planet terbesar di tata surya. Hal ini dinamai dewa Yunani kuno langit Uranus (Yunani Kuno: Οὐρανός) ayah dari Cronus (Saturnus) dan kakek dari Zeus (Jupiter). Meskipun terlihat dengan mata telanjang seperti kelima planet klasik, tidak pernah diakui sebagai planet oleh para pengamat kuno karena keremangan dan orbit lambat [16] Sir William Herschel mengumumkan. Penemuannya pada tanggal 13 Maret 1781, memperluas dikenal batas-batas tata surya untuk pertama kalinya dalam sejarah modern. Uranus juga merupakan planet pertama yang ditemukan dengan teleskop.

Uranus komposisinya sama dengan Neptunus, dan keduanya komposisi kimia yang berbeda dari raksasa gas yang lebih besar Jupiter dan Saturnus. Dengan demikian, para astronom kadang-kadang menempatkan mereka dalam kategori yang berbeda, "raksasa es". atmosfer Uranus, yang sama dengan Jupiter dan Saturnus dalam komposisi utama dari hidrogen dan helium, berisi lebih "es" seperti air, amonia dan metana, bersama dengan jejak hidrokarbon. [12] Ini adalah suasana planet terdingin dalam Tata Surya , dengan suhu minimum 49 K (-224 ° C). Ia memiliki struktur, awan berlapis kompleks, dengan air dianggap membentuk awan terendah, dan metana berpikir untuk membuat lapisan paling atas awan [12] Dalam kontras interior Uranus terutama terdiri dari es dan batu.. [11 ]

Seperti planet raksasa lainnya, Uranus memiliki sistem cincin, magnetosfer, dan bulan banyak. Sistem Uranian memiliki konfigurasi yang unik di antara planet-planet karena sumbu rotasi miring ke samping, hampir pada bidang revolusinya mengelilingi Matahari. Dengan demikian, utara dan kutub selatan terletak di mana sebagian besar planet lain equators mereka [17] Dilihat dari Bumi, cincin Uranus kadang-kadang dapat muncul untuk mengelilingi planet seperti target memanah dan bulan yang berputar di sekitar itu seperti tangan jam., meskipun pada tahun 2007 dan 2008, cincin muncul tepi-on. Pada tahun 1986, gambar dari Voyager 2 menunjukkan Uranus sebagai planet berfitur pada cahaya tampak tanpa awan atau badai band yang berhubungan dengan raksasa lain [17] Namun,. Pengamat terestrial telah melihat tanda-tanda perubahan cuaca musiman dan aktivitas meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena Uranus mendekati ekuinoks nya. Kecepatan angin di Uranus bisa mencapai 250 meter per detik (900 km / h, 560 mph). [18]

http://en.wikipedia.org/wiki/Uranus

NEPTUNUS


Neptunus merupakan planet terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari Matahari.
Neptunus memiliki jarak rata-rata dengan Matahari sebesar 4.450 juta km. Neptunus memiliki diameter mencapai 49.530 km dan memiliki massa 17,2 massa Bumi. Periode rotasi planet ini adaah 16,1 jam., sedangkan periode revolusi adalah 164,8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun planet ini adalah besi dan unsur berat lainnya. Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit, di antaranya Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

Permukaan di Merkurius adalah lebih kurang sama dengan permukaan Bulan, contohnya kawah-kawah asteroid dan tebing yang puluhan kilometer tingginya. Di permukaan Merkurius, matahari kelihatan dua setengah kali ganda lebih daripada ukurannya di Bumi. Namun, disebabkan ketiadaan atmosfer, cahaya tidak dapat diserakkan. Akibatnya, langit kelihatan gelap seperti di angkasa lepas. Di permukaan Merkurius juga, Venus dan Bumi kelihatan seperti bintang yang sangat cerah.

http://students.ukdw.ac.id/~23070234/newsneptunus.html

PLUTO


Pluto (nama resmi: 134340) adalah sebuah planet katai (dwarf planet) dalam Tata Surya. Sebelum 24 Agustus 2006, Pluto berstatus sebagai sebuah planet dan setelah pengukuran, merupakan planet terkecil dan terjauh (urutan kesembilan) dari matahari.

Pada 7 September 2006, nama Pluto diganti dengan nomor saja, yaitu 134340. Nama ini diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), organisasi resmi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan data tentang asteroid dan komet dalam tata surya kita. [1]

Pada 1978 Pluto diketahui memiliki satelit yang berukuran tidak terlalu kecil darinya bernama Charon (berdiameter 1.196 km). Kemudian ditemukan lagi satelit lainnya, Nix dan Hydra.

Setelah 75 tahun semenjak ditemukan, Pluto masih terbalut misteri. Saat ini wahana nirawak New Horizons telah diluncurkan untuk meneliti Pluto dan diperkirakan akan mendekati Pluto dalam jarak terkecil pada Juli 2015.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pluto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar